Pj Walikota Prabumulih : Perlu Kita Inovasikan Produk Olahan Nanas Ini Agar Memiliki Nilai Jual Tinggi

PRABUMULIH, – Prabumulih dikenal sebagai kota penghasil nanas termanis di Indonesia. Kota yang terbentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Muara Enim ini merupakan daerah perlintasan antara kota-kota kabupaten dan Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Mengenai nanas, buah yang dihasilkan Prabumulih ini mengandung kadar air yang tinggi sehingga memiliki rasa manis. Ini yang membuat nanas Prabumulih banyak disukai masyarakat.

Meski demikian, jika hanya menjual buah nanas dalam bentuk utuhan itu tidak bisa awet dan tahan lama. Terlebih, nanas memiliki masa kadaluarsa.

Maka dikembangkan berbagai potensi lain dari buah nanas, yakni diinovasikan sebagai pewarna baju dan diolah secara tradisional sehingga menjadi serat nanas, dibuat bahan baku untuk makanan dan minuman, serta diolah dalam bentuk pengalengan.

Untuk itu Pemerintah Kota Prabumulih giat melaksanakan sosialisasi tentang pengalengan nanas Prabumulih yang merupakan produk unggulan daerah, Rapat ini diselenggarakan di ruang rapat lantai 1 Pemerintah Kota Prabumulih, Kamis (19/10/2023).

Dalam sambutannya, Pj Walikota Prabumulih H. Elman, ST, MM menyampaikan bahwa sebagai kota penghasil nanas, perlu kita inovasikan produk olahan nanas ini, agar memiliki nilai jual tinggi dan bertahan lama serta hasil olahannya dapat dikirim ke berbagai kota di Indonesia sampai ke luar negeri.

Sementara itu, Kepala Balitbang Kota Prabumulih Matnur Latif, ST.M.Si menyampaikan bahwa sasaran dari sosialisasi ini yaitu Kepala OPD, Kepala Badan, Kepala Bagian, Camat, Lurah, Kades Se-Kota Prabumulih.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *